Inilah Cara Menulis Artikel SEO Yang Dapat Mendatangkan Banyak Manfaat

3 min read

Cara menulis artikel seo

Kondisi dunia yang semakin terpuruk karena adanya pandemi korona membuat banyak orang harus di rumah aja. Namun hal tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para blogger. Yaitu dengan memberikan konten website yang bermutu, cukup dengan mengetahui cara menulis artikel SEO yang tentunya memiliki banyak manfaat.

Saat mendengar kata SEO akan banyak penulis yang baru terjun pada dunia blog yang dibuat pusing dan akhirnya berfikir untuk mengacuhkannya. Padahal sebenarnya menulis artikel SEO ini tidak sesulit itu. Tidak percaya? Simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sebenarnya Apa Manfaat Menulis Artikel SEO?

Perlu diketahui bahwa artikel SEO atau Search Engine Optimization memiliki begitu banyak manfaat, hal itulah yang membuat banyak website yang tidak mengabaikan teknis SEO pada artikelnya. Sehingga sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menulis artikel SEO ada baiknya mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Simak ulasannya berikut ini:

1. Mempermudah Proses Optimasi Website

Artikel SEO adalah sebuah pilar yang saat ini sudah wajib dimiliki oleh sebuah website. Hal itu karena setiap website yang memiliki begitu banyak artikel SEO akan mampu menunjukan kualitasnya. Website akan dengan mudah berada pada halaman 1 pada hasil pencarian. Sehingga dengan sendirinya akan mempermudah proses optimasi website.

2. Mampu Menambah Kunjungan

Sebuah website tentu saja tujuannya selain memberi informasi adalah menarik sebanyak mungkin pembaca untuk berkunjung. Hal itulah yang terjadi jika menulis artikel SEO dengan benar. Jika artikel ada di halaman pertama pencarian dengan sendirinya pengunjung website akan meningkat.

3. Membantu Menarik Calon Konsumen

Baik itu website yang menyediakan jasa, produk ataupun sekedar informasi tentu saja fokus utamanya adalah konsumen. Seperti teori Aida yang bermula dari attention atau perhatian, lalu interest atau ketertarikan akhirnya timbul desire atau keinginan. Dan berakhir dengan action atau tindakan dari calon konsumen.

Itulah yang membuat cara menulis artikel SEO harus dipelajari, semua itu karena dengan sendirinya keuntungan akan didapatkan oleh pemilik website. Akan banyak calon konsumen yang berdatangan dengan sendirinya.

4. Mampu Meningkatkan Kredibilitas Serta Popularitas Website

Tahap branding adalah yang paling sulit dalam suatu teknik komunikasi pemasaran karena disana adalah proses memperkenalkan produk pada khalayak. Namun jika artikel sering berada di mesin pencari teratas dengan sendirinya proses branding berjalan lancar.

Dengan sendirinya kredibilitas hingga popularitas dari website akan terbukti dan akhir dari hal tersebut tentunya mampu menarik calon pengunjung yang banyak.

Cara Menulis Artikel SEO Dengan Benar

Untuk menulis artikel SEO dengan benar perlu diketahui beberapa komponen utamanya dimana artikel SEO ini sudah sesuai dengan standar google. Berikut cara menulis artikel SEO yang benar untuk website :

1. Tentukan Keyword

Langkah awal cara menulis artikel SEO adalah dengan menentukan keyword yang sesuai. Keyword atau kata kunci merupakan sebuah inti dari artikel, tentunya karena itu harus menentukan keyword yang memiliki kemungkinan besar dicari pembaca. Untuk itu pahami terlebih dahulu siapa saja audiens dan yang membaca blog.

Dengan begitu menentukan keyword tidak akan sulit, cukup kalkulasi berdasarkan jumlah persaingan dan pencarian terbanyak. Salah satu yang dapat dicoba dengan menggunakan situs Ubersuggest untuk mengetahui volume pencarian dari keyword.

2. Menentukan Judul

Setelah keyword telah ditemukan langkah berikutnya adalah menentukan judul, ada banyak penulis yang memilih membuat isi artikel terlebih dahulu baru judul. Langkah itu sebenarnya keliru karena akan membuat isi artikel melebar.

Dalam menulis artikel SEO yang paling utama adalah dengan membuat judul yang menarik dan berisikan keyword full. Jadi keyword tetap harus ada di dalam judul tanpa satupun kata yang berubah. Namun pastikan judul harus kreatif tanpa merubah susunan dari keyword.

3. Perhatikan URL

Alamat merupakan suatu hal yang penting saat seseorang mencari sesuatu hal, begitu juga artikel. Jadi URL merupakan alamat artikel yang ditulis sehingga tentu saja tidak dapat asal saja. Jika tadi judul berisikan keyword dengan tambahan kata maka URL merupakan keyword yang diletakan secara utuh tanpa tambahan kata apapun.

4. Jumlah Keyword Dan Penempatannya

Cara menulis artikel SEO yang benar adalah dengan menyesuaikan jumlah keyword yang ada dalam artikel. Banyak orang yang masih belum paham dan asal saja dalam memasukan keyword. Idealnya jumlah keyword sekitar 1 sampai 1,5 persen dari jumlah kata. Sehingga akan membuat artikel lebih enak dibaca dan tentunya tidak ada kesan keyword dipaksakan.

Untuk itu penting sekali mengetahui juga mengenai penempatan keyword, jadi selain jumlah pastikan juga keyword tersebar dengan benar di dalam artikel. Artikel SEO yang baik memiliki keyword pada awal paragraf. Baru setelah itu disebar merata pada isi artikel dan diakhiri pada penutup. Jangan letakan keyword menumpuk dalam satu paragraf karena akan tidak nyaman dibaca.

5. Keyword Turunan

Langkah berikutnya untuk menulis artikel SEO adalah memastikan ada keyword turunan juga di dalam artikel. Jadi yang dimaksud dengan keyword turunan itu kata kunci yang ada hubungannya dengan keyword utama. Contohnya jika keyword utama “rental motor Bandung: jadi keyword turunannya bisa “rental motor murah Bandung”.

Fungsi utama pemakaian keyword turunan adalah saat seseorang mencari dengan keyword turunan dan bukan keyword utama, artikel akan bisa muncul. Cara menulis artikel SEO yang satu ini terkadang sering dilupakan oleh penulis padahal sangatlah penting.

6. Aturan Kalimat Dan Paragraf

Selain keyword turunan ada satu lagi yang masih sering diabaikan yaitu aturan kalimat dan juga paragraf. Perlu diketahui kalimat yang ideal yaitu berisikan kurang dari 20 kata, sehingga tidak akan membuat pembaca merasa kesulitan membaca.

Sedangkan untuk paragraf, idealnya berjumlah 3 hingga 4 baris saja atau sekitar paling banyak 50 kata. Tentunya kalimat dan paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca malas serta inti dari artikel akan sulit didapatkan. Biasanya artikel yang panjang tanpa jeda akan membuat artikel tidak akan dibaca sampai habis.

7. Menggunakan Heading

Hal ini sangatlah penting dan tidak boleh terlewatkan dalam menulis artikel. Guna dari heading adalah menunjukan poin dalam artikel sehingga akan lebih mudah dipahami pembaca. Artikel yang penggunaan heading dengan benar juga akan membantu reliability serta pencarian google.

Heading atau biasa disingkat H ini memiliki beberapa macam jenis, mulai dari H1 yang berarti judul. Ada H2 yang merupakan sub judul lalu ada h3 yang merupakan subheading h2. Jadi misal H1 artikel “Rekomendasi Wisata Romantis di Jakarta”, maka H2 nya bisa “Inilah Beberapa Wisata Romantis Jakarta” dan H3 “Monas”.

Nah itulah informasi lengkap mengenai cara menulis artikel SEO yang benar dan mendatangkan banyak manfaat. Dengan mengetahui tekniknya tentu saja akan mempermudah proses pembuatan. Untuk itu pastikan terlebih dahulu bahwa artikel layak dibaca dengan menguji coba pada diri sendiri atau teman. Setelah itu barulah upload artikel pada website dan tunggu saja pengunjung yang mulai berdatangan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *