Artikel SEO Adalah Instrumen Penting, Simak Pengertiannya Di Sini!

3 min read

Artikel SEO Adalah

Tak jarang, banyak orang yang berminat saat melihat iklan lowongan pekerjaan sebagai penulis artikel SEO freelance. Namun hanya sebagian yang melanjutkan niat begitu melihat ada embel-embel SEO di belakang kata artikel. Tak sedikit yang bertanya-tanya pengertian artikel SEO adalah apa, sih?

Sedikit usaha dengan membuka browser pasti bisa langsung menemukan soal search engine optimization setelah mengetikkan SEO di kolom pencarian. Akan tetapi, apa itu dan apa bedanya dengan artikel yang sudah orang kenal di pelajaran Bahasa Indonesia sejak bangku sekolah dasar?

SEO 101: Mengenal Apa Itu SEO

Sebelum membahas lebih jauh mengenai SEO, ada baiknya mengenal sedikit mengenai sistem perangkingan website. Jadi, saat mengetikkan sesuatu di mesin pencari, akan ada hasil yang muncul di sana. Urutan hasil pencarian ini ditentukan oleh ranking dari setiap website itu tadi.

Mungkin akan timbul pertanyaan lanjutan, mengapa harus memperoleh ranking yang tinggi di mesin pencari? Saat membuka mesin pencari seperti Google dan mengetikkan sesuatu, maka hasil yang muncul di halaman pertama memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi.

Nah, sebagaimana arti harfiahnya, SEO memiliki tujuan untuk mengoptimasi posisi sebuah website atau blog di mesin pencarian. Komponen-komponen dalam SEO inilah yang membantu mendongkrak ranking website. Sehingga dari situ bisa ditarik kesimpulan, bahwa artikel SEO adalah salah satu alat untuk mengoptimalkan ranking website di mesin pencari.

Artikel SEO Masih Bercerita dengan Tulisan

Seperti yang diketahui, ada 2 cara komunikasi – langsung dan tidak langsung. Bentuk komunikasi tidak langsung berupa mendengarkan dan membaca. Sementara bentuk komunikasi langsung yaitu berbicara dan menulis. Komunikasi langsung berarti menyampaikan dan komunikasi tak langsung berperan sebagai penerima.

Pada dasarnya, semua proses menulis itu sama, yakni menyampaikan informasi melalui bahasa tulisan. Yang menjadi pembeda yaitu jenis tulisan yang dihasilkan, apakah fiksi atau fakta. Jika fakta, apakah itu berbentuk laporan, makalah, atau artikel.

Lalu, apa yang membedakan artikel yang diekori oleh SEO ini dengan artikel kebanyakan? Secara garis besar, sama saja. Artikel SEO pun masih merupakan cara komunikasi langsung dalam menyampaikan informasi.

Yang membedakan artikel SEO adalah adanya pakem-pakem yang mengikat dan harus dipenuhi dalam menulis sebuah artikel SEO. Sementara itu, selebihnya sama saja. Penulis artikel masih harus mengungkapkan gagasannya melalui tulisan dan menyampaikan informasi yang sebenar-benarnya.

Secara tak langsung, penulis artikel SEO pun harus tunduk pada kaidah-kaidah penulisan jurnalistik. Termasuk anti plagiarisme serta ‘bercerita’ dalam kronologi yang runut. Di samping itu, penulisannya pun masih harus mengikuti kaidah tata Bahasa.

Google, Bing, dan mesin pencari lain mengukur tingkat keunikan sebuah artikel sebagai salah satu parameter dalam penilaian rankingnya. Keunikan ini dilihat dari ada tidaknya indikasi plagiasi dari sebuah artikel. Semakin tinggi angka plagiasi yang ditemukan, semakin rendah nilai yang akan diberikan kepada website.

Tak jarang ada yang berusaha untuk ‘mengakali’ mesin algoritma penentu ranking di mesin pencari. Artikel pun ditulis ala kadarnya dan tak bisa dicerna logika manusia, padahal pembaca artikelnya nanti adalah manusia. Jelas, jenis artikel seperti ini akan langsung ditinggalkan karena dianggap tidak memberikan solusi yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, jika tulisan artikel tidak bisa dipahami oleh manusia, maka kecil kemungkinan artikel mampu menarik user engagement ke dalam website.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Artikel SEO

Sekarang, sudah ada gambaran umum tentang apa itu artikel yang SEO. Intinya artikel yang ditulis harus bisa menjalankan perannya untuk mengoptimasi ranking website. Selanjutnya, hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat sebuah artikel SEO adalah sebagai berikut:

1. Adanya Keyword

Semua sumber sepakat menjelaskan bahwa hal paling krusial dari sebuah artikel SEO adalah keyword. Dalam ranah SEO, para expert harus melakukan riset khusus dalam menentukan keyword yang dipilih untuk digunakan sebagai dasar penulisan artikel.

Setiap artikel memiliki satu keyword utama, dan dalam satu website haram hukumnya menggunakan dua keyword yang sama persis. Keyword yang bersaudara kembar memiliki kerentanan akan dinilai sebagai konten duplikasi oleh mesin pencari.

Selain itu, keyword pun memiliki persaingannya sendiri. Artinya keyword yang sama bisa saja dijadikan konten oleh banyak website berbeda dan itu pun diranking oleh mesin pencari. Artikel dengan skor tertinggi lah yang akan ditampilkan di halaman utama.

Itulah mengapa para expert harus melakukan riset terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan keyword yang banyak dicari orang, namun memiliki angka persaingan yang relatif kecil.

2. Mampu Menjelaskan tentang Keyword

Sebagaimana bentuk komunikasi tulisan pada umumnya, artikel SEO pun harus bisa menggambarkan dengan jelas topik yang tengah dibahas. Dalam hal ini, penulis harus mampu menjelaskan keyword yang dijabarkan dalam bentuk artikel.

Keyword merupakan sebuah pertanyaan dari para pengguna mesin pencari mengenai sebuah informasi. Tugas penulis artikel lah yang harus menerjemahkan pertanyaan tersebut ke dalam jawaban yang dibutuhkan.

Intinya, orang enggan membaca artikel yang tidak bisa memberikan solusi atas masalah yang coba ia cari. Jika sudah terlanjur membuka, pasti akan segera ditutup untuk mencari jawaban ke tempat lain. Jelas ini merupakan sebuah nilai minus, sebab lama waktu pengguna pada sebuah laman juga turut berpengaruh pada skor yang diperoleh website.

Di dalam artikel, keyword wajib dituliskan secara natural. Maksudnya yaitu keyword dirangkai dengan kata-kata lain untuk menjadi sebuah kalimat, paragraf, hingga terbentuk sebuah artikel. Tidak boleh ada unsur pemaksaan keyword yang janggal.

Hindari pula pengulangan keyword yang terlalu sering karena akan menjadi janggal. Terlebih lagi, kabarnya algoritma terbaru dari Google, si mesin pencari kesayangan umat sejagat, memberikan nilai negatif pada over stuffing keyword dalam artikel.

3. Harus Easy to Read

Kebanyakan artikel yang bisa ditemukan di internet memiliki struktur penulisan yang ber-heading. Ini dimaksudkan demi mempermudah pembaca dalam menemukan garis besar informasi yang disampaikan.

Dengan begitu, hanya dalam sekali lirik, pembaca bisa memastikan bahwa bahwa artikel benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Selain heading, pemilihan diksi penyusun kalimat pun harus sesuai dengan target pembaca. Hindari penggunaan kata-kata istilah yang tak biasa digunakan oleh orang awam. Ada baiknya memilih kalimat-kalimat sederhana, namun bisa menyampaikan maksud yang diinginkan.

Poin lain yang penting adalah panjang kalimat serta panjang paragraf. Kalimat dan paragraf yang terlalu panjang akan membuat pembaca enggan karena tidak ramah di mata.

Sebagai bahan pertimbangan, banyak pembaca yang mengakses internet dengan telepon genggam. Oleh karenanya, bisa menyesuaikan panjang kalimat dan paragraf dengan tampilan ponsel.

4. Sesuai dengan Tata Bahasa yang Berlaku

Hal terakhir yang paling penting yaitu mengikuti aturan tata bahasa yang berlaku. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka harus mengikuti kaidah PUEBI. Apabila menulis artikel berbahasa Inggris, aturan grammatical pun harus diikuti. Demikian halnya jika menggunakan bahasa lainnya.

Kesalahan teknis penulisan akan sulit dimaklumi oleh pembaca, karena itu merupakan hal dasar yang seharusnya sudah dikuasai oleh penulis. Prejudice masyarakat di negara mana pun selalu menyatakan bahwa seorang penulis haruslah bisa menulis dengan struktur bahasa yang baik.

Sekali lagi, pembaca artikel SEO adalah manusia dan bukan algoritma dari mesin pencari. Oleh sebab itu, artikel yang ditulis pun harus sesuai dengan standar agar bisa dibaca oleh manusia. Siapa pun bisa menjadi seorang penulis artikel SEO asalkan mau belajar dan terus berusaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *